Merapi Siaga BPPTKG Perkiraan Magma Di Daerah Gunung Merapi Itu Saat Ini Melebihi Tahun 2006

 


 Dilansir dari joglosemarnews.com Yogyakarta - Status Gunung Merapi telah dinaikkan dari Waspada menjadi Siaga sejak 5 November lalu. Hingga kini, aktivitas ginung berapi itu menunjunkkan adanya peningkatan.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaa Geologi (BPPTKG) mencatat pada Selasa (10/11//2020)  juga terjadi satu kali di guguran gunung berapi. Selain itu, laju rata-rata perubahan bentuk Gunung Merapi mencapai 12 centimeter perhari.

BPPTKG juga memperkirakan berdasarkan pemantauan bahwa volume magma dalam Gunung Merapi saat ini melebihi volume magma pada tahun 2006 silam

"Sekarang ini meurut data-data yang ada itu (Volume Magma) sudah melebihi 2006. Artinya kemungkinan volume kubah lava ini akan lebih besar dari 2006," kata kepala BPPTKG Hanik Humaida di Pengungsian Merapi Balai Kalurahan Grogaharjo, Cangkringan, Sleman seperti dikutip liputan6.com dari Antara Selasa (10/11/2020)

Hanik memperkirakan, kondisi volume magma menjadi salah satu faktor penyebab pergerakan magma menjadi lambat meuju pergerakan gunung yang kini berstatus siaga tersebut. Selain itu, menurut dia, lambatnya pergerakan magma menuju permukaan juga berpengaruh oleh gas sebagai pendorong magma di gunung masih minim.

"Jadi yang mendorong atau yang menyebabkan magma menuju permukaan adalah gas. Ini menunjukkan kenapa sampai saat ini sampai saat ini masih berjalan pelan-pelan jalannya. Ini karena magma ini miskin gas ," kata dia.

Peluang Erupsi Eksplosif

Hanik memperkirakan, apabila kondisi gas pada gunung merapi saat ini, maka erupsi eksplosif yang kemungkinan akan terjadi tidak akan sebesar erupsi pada tahun 2010. "Kalau data masih seperti begini terus itu (erupsi) tidak terjadi. Kalau ada eksplosif, tidak sebesar 2010. Itu berdasarkan data-data pada saat ini," kata dia. 

Sementara itu, bahaya erupsi Gunung Merapi, Hanik mempekirakan yang paling utama berada di kali Gendol. "Namun demikian karena deformasi ada ke arah barat juga, sehingga potensi  ke sana juga ada," kata dia.

Meski demikian, terkait kecepatan serta sejauh mana jangkauan saat terjadi erupsi, menurut dia, baru bisa dihitung apabila kubah lava telah muncul. "Seberapa jauh kalau terjadi erupsi akan kami perbarui lagi rekomendasi yang kita sampaikan ," pungkasnya. Liputan 6

Subscribe Our Newsletter

0 Response to "Merapi Siaga BPPTKG Perkiraan Magma Di Daerah Gunung Merapi Itu Saat Ini Melebihi Tahun 2006"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel